5 Game Indonesia Siap Unjuk Gigi di Jerman

Rio - MahardikaRio Frederrico, desainer game Mahardika, menunjukkan game Mahardika yang akan dibawa dalam ajang Essen Spiel 2014 di Jerman, 16-19 Oktober 2014.

Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, penerbit game asal Bandung — Manikmaya Games — memboyong lima judul game buatan Indonesia dalam ajang Spiel ’14 yang diadakan di Essen, Jerman, 16-19 Oktober 2014.

Kelima game tersebut merupakan table top game asli Indonesia yang sarat dengan nilai “ke-Indonesia-an”. Ini sesuai dengan visi Manikmaya untuk menghadirkan game-game yang bukan hanya menghibur, tapi juga mampu menghadirkan berbagai nilai positif bagi masyarakat.

Industri table top game, seperti permainan papan (board game) dan kartu (card game), memang sedang tumbuh pesat di dunia. Essen Spiel ’14 merupakan ajang pameran internasional terbesar yang menghadirkan 150.000-an peserta dari 90-an negara di dunia.

Andre Dubari dari Manikmaya Games mengatakan, di banyak negara, industri board/card game terus mengalami tingkat pertumbuhan yang positif. Bahkan, industri table top game itu tumbuh bersama dengan game digital.

Maka, ujarnya, hadirnya Indonesia di ajang Spiel ’14 mencerminkan peluang game Indonesia untuk bisa unjuk gigi di industri tersebut.

“Ini menjadi sebuah milestone perkembangan industi game Indonesia karena untuk pertama kalinya board/card game asli Indonesia hadir dan diperkenalkan di Spiel,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip KompasTekno, Rabu (15/10/2014).

Terdapat lima judul game yang bakal dipamerkan di ajang tersebut, kelimanya adalah:

1. Mahardhika – Sebuah game dengan latar sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Menghadirkan tokoh-tokoh pergerakan seperti Sukarno, Hatta, Ki Hajar Dewantara dan lainnya.

2. Mat GocengCard game dengan tema pahlawan rakyat Betawi. Game ini telah beredar sejak November 2013 dan telah terjual di berbagai negara, termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

3. Festivals of IndonesiaBoard game ini menampilkan berbagai festival budaya yang ada di Indonesia dengan latar cerita wisatawan dengan sumberdaya terbatas.

4. Mashup MonsterCard game dengan tema menggabungkan dua monster ini menampilkan tantangan yang menarik untuk dimainkan bersama keluarga dan melatih kognitif anak.

5. Kucing SumputBoard game dengan tema mencari kucing yang sembunyi ini sudah hadir dalam bentuk digital dan bisa diunduh oleh pengguna Android.