Aplikasi Peta Mudik Lebaran

Untuk persiapan arus mudik lebaran tahun 2017 ini Kemenkominfo telah menyiapkan sebuah Peta Mudik Lebaran Digital, layaknya Google Map tapi ini khusus untuk para pemudik.

Sudah secara rutin bagi Kemnkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerjasama dengan sejumlah operator telepon untuk uji jaringan, namun untuk persiapan Lebaran tahun ini tidak berhenti sampai uji coba jaringan, namun Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan instansi dan operator seluler tersebut untuk membuat aplikasi terintegrasi yaitu Aplikasi Peta Mudik Lebaran.

Sudah ada Google Map, tapi kenapa Kominfo susah payah untuk mengembangkan aplikasi tersebut?
Jawabannya cukup sederhana, berikut ini beberapa fitur yang akan disajikan yang mana di Google Map tidak tersedia :

  1. Lokasi Rest Area
  2. Lokasi SPBU
  3. Lokasi Posko Mudik
  4. Masjid Terdekat
  5. Jalur Alternatif
  6. Berita terkini tentang Jalur dan Arus Mudik Lebaran 2017
  7. Informasi Cuaca

Seperti di tahun-tahun sebelumnya banyak Operator dan perusahaan makanan yang beriklan dengan cara mendirikan Posko Mudik Lebaran, posko sementara ini akan bertahan sampai arus balik Lebaran.

“Ada yang barangkali mau dipijat, beli pulsa dan lain sebagainya daripada masing-masing operator membuat dan nanti masyarakat jadi bingung bagaimana kalau dibuatkan sesuatu yang terintegrasi. Teman-teman operator kan punya posko ratusan,” kata Rudi.

Konsep ini menarik, semoga bisa segera rilis sesuai jadwal seperti yang sudah dijelaskan bahwa perkiraan aplikasi ini sudah tersedia dan bisa dimanfaatkan, paling lambat 2 minggu sebelum lebaran. Namun sayangnya, sampai saat artikel ini dirilis Rudi (Menteri Kemenkominfo) belum bisa mengungkap nama aplikasi tersebut. Rencananya, aplikasi lokal ini akan diluncurkan paling lama dua pekan sebelum Lebaran.

Peta Mudik Lebaran Versi Cetak (Tahun 2012)

Semoga inovasi berupa Aplikasi Peta Mudik Lebaran ini bisa dimaksimalkan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia, tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga