ayu – Theme for Sublime Text 3 and 2

Sublime Text bisa dibilang sebuah editor yang powerful dan ringan untuk keperluan apapun termasuk programming. Jika dibandingkan dengan editor sejenis seperti Notepad++ saya rasa Sublime Text lebih unggul karena lebih banyak fitur yang dimiliki oleh Sublime Text dan fitur tersebut memang dibutuhkan oleh para Developer.

Disamping punya fitur yang cukup banyak, Sublime Text juga punya koleksi Theme (Color Scheme) yang bervariasi dan cukup banyak. Kita bisa pilih menyesuaikan selera.

Untuk masalah Color Scheme atau Theme, kebanyakan yang dicari adalah apa theme / color scheme paling bagus di Sublime Text? Menurut saya sendiri dari daftar theme default (bawaan) Sublime, yang paling sesuai dan nyaman di mata yaitu Theme Monokai.

ayu Theme Sublime Text
ayu Theme Sublime Text

Selain Monokai, ada satu lagi yang menurut saya bagus dan cocok banget dengan selera dan tren masa kini adalah ayu Theme yang dikembangkan oleh Dempfi dan rekannya. Kenapa ayu theme? Tampilannya cantik, flat design, sederhana dan elegan. Mungkin kata-kata itu yang mampu mewakilkan alasan kenapa saya memilih ayu theme untuk Sublime Text 3. Tersedia dua varian yaitu Light dan Dark ayu Theme, silahkan install dan pilih yang kalian suka.

ayu Dark Theme
ayu Dark Theme

Cara Install ayu Theme di Sublime Text 3

Untuk cara installnya sendiri sangat mudah, bisa kita lakukan secara manual atau bisa pakai Package Installer yang dipunyai Sublime Text. Saran dari saya sih install melalui Package Installer saja, lebih mudah dan cepat. Langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Download dan Install Font Roboto Mono jika sebelumnya belum pernah install jenis font ini di komputer / laptop kalian.
  2. Buka Sublime Text kalian, lalu ketik ctrl + shift + p (PC / Laptop) atau command + shift + p (Mac).
  3. Ketik Install Package lalu Enter.
  4. Setelah form Install Package keluar, ketik dan cari ayu theme. Jika sudah ketemu, tekan Enter. Tunggu beberapa saat selama proses download dan instalasi ayu theme, progress bar terlihat di bagian bawah Sublime Text.
  5. Setelah proses download dan install selesai, buka menu pengaturan dengan pilih Preferences > Settings – User.
  6. Silahkan masukkan / tambahkan konfigurasinya (Preferences.sublime-settings – User) seperti dibawah ini :
    "color_scheme": "Packages/ayu/ayu.tmTheme",
    "enable_tab_scrolling": false,
    "font_face": "Roboto Mono",
    "theme": "ayu.sublime-theme",
    "ui_font_size_small": true,
    "ui_separator": false
  7. Pengaturan itu bisa kalian sesuaikan dengan keperluan dan selera, yang pasti dan harus ada adalah pada bagian color_scheme, theme dan font_face. Agar ayu theme terlihat maksimal. Selesai!

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga