Cara Install Update Windows Tertentu di Windows 10

Mulai dari Windows 8 sampai yang terbaru saat ini yaitu Windows 10 kita tidak bisa pilih dan install update windows tertentu saja, karena konfigurasi Windows Update di kedua versi Windows ini sudah jauh berbeda dengan yang ada di Windows 7. Jika di Windows 7 kita bisa memilih Primary Update dan Optional Update jika ada update pada Windows. Tidak sampai disitu, kita masih bisa pilih update yang mana yang kita perlukan dengan centang pada daftar update windows yang tersedia.

Gambar diatas adalah tampilan Windows Update saat ini, tidak ada pilihan bagi kita untuk menginstall update tertentu sesuai kebutuhan atau keinginan kita, yang mana mengharuskan penggunanya untuk update keseluruhan. Penulis sendiri sebagai pengguna Windows Update tidak nyaman karena hal ini, bagaimana kalau kalian?

Beruntunglah kalian bertemu artikel ini, semoga solusi yang kami berikan melalui artikel ini bisa mengatasi permasalahan di atas. Cara agar tetap bisa install windows update tertentu saja yang sesuai pilihan dan kebutuhan kita di Windows 10 adalah menggunakan fitur yang ada di Windows PowerShell.

Dengan Windows PowerShell di Windows 10 kita tidak perlu untuk update windows semuanya yang tertera di daftar update windows, kita bisa pilih salah satu atau lebih seperti yang bisa kita lakukan saat masih memakai Windows 7. Baiklah, berikut langkah-langkah untuk install update windows tertentu / sesuai pilihan kita, tidak perlu semuanya :

  1. Pada Start Menu ketik / cari Windows PowerShell, setelah itu klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  2. Kemudian ketikkan perintah dibawah ini :
    Set-ExecutionPolicy RemoteSigned
    # Kode tersebut untuk menampilkan daftar update windows yang trusted by Microsoft saja.
    # Jika ingin menampilkan semua daftar update bisa langsung pakai kode dibawah ini.
    Get-WUList

  3. Setelah muncul daftar update-nya, silahkan kalian pilih update mana yang ingin kalian install, cukup perhatikan pada kolom KB. Update Windows tertentu di PowerShell menggunakan perintah berikut ini :
    Get-WUInstall -KBArticleID KB1234567
    # KB1234567 adalah contoh kode pada kolom KB
    

  4. Setelah itu ENTER, dan tunggu beberapa saat sampai tampilan seperti gambar diatas muncul dan silahkan ketik Y untuk mulai download dan install windows update pilihan kalian.
  5. Selesai.

Cukup mudah kan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengguna Windows 10.

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga