Google Allo vs WhatsApp

Google Allo Hadir, Apakah Lebih Bagus Dibanding WhatsApp?

Baru-baru ini setelah Google Inc. berhasil merilis aplikasi video call miliknya yaitu Google Duo, Google juga telah merilis sebuah layanan pesan singkat / messenger baru yaitu Google Allo.

Bukankah Google sudah punya HangOut? Pertanyaan itu saya yakin pasti terlintas di pikiran kalian, untuk sedikit membuat rasa penasaran kalian berkurang, silahkan baca artikel ini. Mengapa Google perlu merilis Allo dan Duo padahal sudah punya HangOut.

Google telah menyebarluaskan berita mengenai layanan barunya Google Duo dengan semarak dan mengklaim bahwa messenger yang satu ini keren dan sangat pantas untuk dipakai banyak orang sebagai sarana komunikasi sehari-harinya.

Saat ini aplikasi messenger / pesan singkat paling populer terutama di Indonesia yang menduduki peringkat teratas adalah WhatsApp. Sudah sangat banyak orang yang senang dan nyaman menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi melalui pesan singkat. Selain fiturnya yang cukup lengkap, kecepatan, tidak ada iklan dan ringannya aplikasi ini menjadi daya tarik paling besar dibanding aplikasi messenger lainnya seperti BBM dan Line.

WhatsApp populer mungkin juga karena dia sudah rilis jauh lebih dulu dibanding Google Allo, jika saja Google Allo rilis terlebih dulu atau mungkin bersamaan waktunya dengan hadirnya WhatsApp, bisa jadi Google Allo akan mempunyai pengguna lebih banyak dibandingkan WhatsApp. Karena secara fitur, Google Allo lebih unggul dibandingkan WhatsApp. Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan Google Allo.

Fitur Google Allo
Fitur Google Allo. Sumber foto : allo.google.com

Smart Reply
Dengan bantuan sistem AI (Artificial Intelligence) yang dimiliki Google, fitur Smart Reply ini sangat berguna dan membantu kita untuk membalas pesan yang masuk ke kita. AI tersebut mampu membaca pola kata dan kalimat yang ada di percakapan kita, kemudian sistem akan memberikan saran kepada kita untuk membalas pesan yang kita terima tersebut. Fitur ini sudah jelas tidak dimiliki oleh WhatsApp.

Format Teks
Di WhatsApp hanya menyediakan fitur untuk membuat teks tercetak tebal, miring atau diberi tanda coret pada kata atau kalimatnya. Google Allo bisa lebih dari itu, jika kita perlu memberi penekanan lebih terhadap suatu kalimat atau kata, besar kecilnya huruf dari pesan kita tersebut bisa kita atur sesuai keinginan. Caranya sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol “Send”, kemudian geser keatas untuk memperbesar huruf, geser kebawah untuk mengecilkan huruf.

Sticker!
Nah ini dia, fitur emoticon yang unik biasa disebut dengan Sticker saat ini sangat digandrungi banyak orang. Karena dengan adanya Sticker ini membuat percakapan lebih menarik dan ekspresif. Yang mana WhatsApp tidak memiliki fitur ini, WhatsApp hanya bisa mengirim emoji / emoticon.

Photo Editor
BANG!!! Ini dia, satu lagi fitur yang banyak diminati terutama bagi kawula muda kini yang suka mengedit foto / gambar mereka untuk menyampaikan maksud tertentu. Sudah jelas fitur ini tidak dimiliki oleh WhatsApp.

Photo Editor Google Allo
Photo Editor Google Allo

Google Assistant
Fitur Google Assistant ini memberikan daya tarik lebih karena seolah-olah kita punya asisten pribadi. Dengan Google Assistant yang dimiliki oleh Google Allo kita bisa menemukan berbagai hal seperti Hotel, jadwal penerbangan, Film dan lain sebagainya.

Chat Mode Incognito
Incognito Mode dalam Google Allo adalah suatu kondisi dimana kita dilindungi oleh enkripsi sistem dalam percakapan yang kita lakukan. Fitur ini sama seperti yang dimiliki oleh WhatsApp yaitu “end-to-end encryption”. Yang membedakan fitur keamanan yang dimiliki oleh Google Allo dengan WhatsApp adalah, bahwa di Mode Incognito tidak hanya percakapan kita yang dienkripsi selama masih berlangsung, tetapi juga historikal percakapan tidak akan disimpan dan sudah pasti hilang dari peradaban.


Jadi, itulah sekelumit fitur segar dan menggiurkan yang dimiliki oleh Google Allo yang pantas untuk dicoba. Terkait lebih bagus mana Google Allo dibandingkan WhatsApp, secara fitur sudah jelas jauh lebih bagus Google Allo. Namun dari sisi kemudahan saya rasa sama saja. Dilihat dari sisi kenyamanan, kita tunggu saja beberapa waktu kedepan, apakah orang-orang akan beralih ke Google Allo dari WhatsApp atau menggunakan keduanya ataukah kemungkinan lainnya, mari kita berikan kesempatan pada waktu untuk menjawab semua itu.

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga