Jawara Microsoft Imagine Cup 2016

Laga final Imagine Cup 2016 telah berjalan sukses yang diadakan di Pacific Place, Jakarta beberapa waktu lalu.

Proses penjurian yang ketat serta berbagai tahap kompetisi lainnya telah dilalui, dan akhirnya didapatkan Jawara / Pemenang dari kompetisi bergengsi dari Microsoft ini.

Sang Jawara Microsoft Imagine Cup 2016 tingkat nasional dari tiga kategori, yaitu Games, World Citizenship, dan Innovation adalah :

TIM NONE DEVELOPERS
Sebuah tim yang berasala dari Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur. 

Mereka berhasil menarik perhatian dan berhasil dengan proyek “Froggy & The Pesticide” menjadi juara pertama dalam kategori Games.

Dalam game ini Froggy (karakter utama) berusaha untuk mengganti pestisida dengan biopestisida agar tidak membuat dirinya dan spesies lain keracunan. Untuk menyelesaikan game ini Froggy harus mencapai lokasi pestisida berada dan mengumpulkan biopestisida.

TIM GARUDA45
Sebuah tim yang dari University of Edinburgh, University College London, dan King’s College London.

Tim ini mengusung aplikasi “TB DeCare” dan berhasil memenangkan dalam kategori World Citizenship.

Aplikasi TB DeCare digunakan untuk mendeteksi bakteri Tuberkulosis (TB) dengan pengelolaan citra digital (digital image processing) dari sputum (dahak) pasien.

Untuk pengamatan lebih lanjut, mereka juga mengembangkan sebuah mikroskop portable yang menggunakan lensa ponsel dengan perbesaran hingga 1000x.

TIM HOOME STUDIO
Dan sang jawara terakhir dalam kategori Innovation berasal dari bumi Pasundan yaitu dari Institut Teknologi Bandung dan Telkom University.

Dengan inovasi mereka yaitu “Hoome” berhasil membawanya menjadi pemenang Imagine Cup 2016 dalam kategori Innovation.

Hoome akan membaca wearable device pengguna untuk mendeteksi tingkat stress, kondisi mood pengguna, kesadaran dan tingkat kenyamanan pengguna.

Setelah mendapatkan data tersebut, aplikasi akan mengatur peralatan yang ada di dalam rumah, seperti mengatur pencahayaan, suhu dan temperatur, aroma terapi, serta home entertainment.

Tiga tim yang menjadi pemenang babak final tingkat nasional Imagine Cup 2016 tersebut berhak mewakili Indonesia di tahap selanjutnya yaitu memasuki tahap semifinal tingkat dunia serta memperebutkan tiket emas ke Seattle untuk mengikuti tahap final Imagine Cup 2016 di tingkat dunia dan bersaing dengan para pemenang dari negara-negara lainnya.

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga