Perbedaan Kamera Dolby 3D, IMAX 3D dan Real 3D

Bagi para penggemar film box offices (bioskop) pasti sudah tidak asing dengan istilah IMAX, Dolby dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan film 3D (tiga dimensi), jenis kamera yang digunakan berbeda-beda, diantaranya adalah Kamera IMAX 3D, Kamera Dolby 3D dan Kamera Real 3D. Apasih bedanya? Pertanyaan itu pasti pernah muncul di benak kalian bukan, mari kita pelajari bersama perbedaan dari Kamera IMAX 3D, Dolby 3D dan Real 3D berikut ini.

Dolby 3D
Dolby 3D merupakan teknologi terbaru untuk integrasi film berformat 3D (tiga dimensi). Menonton film dengan teknologi Dolby 3D hampir mirip dengan teknologi RealD 3D. Bedanya adalah teknologi Dolby 3D menggunakan polarisasi 3 warna yang terlihat dari kacamatanya (merah, hijau, hitam) dengan menggunakan lensa khusus sehingga harganya lebih mahal dari kacamata 3D yang pada umumnya digunakan di bioskop yang menggunakan teknologi RealD 3D.

IMAX 3D
IMAX 3D merupakan singkatan dari Image Maximum, merupakan teater komersial pertama yang mempunyai ukuran layar terbesar dari bioskop pada umumnya. Di Indonesia, teater IMAX menggunakan layar berukuran 20 x 11 meter. IMAX 3D menggunakan teknologi 3D Polarized (teknologi visualisasi dengan gelombang elektromagnetik dan cahaya melalui 2 proyeksi yang berbeda). Untuk kacamatanya, IMAX 3D menggunakan teknologi linear polarized (yaitu menggunakan proyeksi gelombang yang membuat satu mata melihat satu gambar). Sehingga saat menggunakan kacamata 3D tersebut, kedua proyeksi yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan seolah-olah gambarnya keluar dari layar proyeksi di bioskop. Dengan layar yang besar dengan jarak lebih dekat, film 3D akan terlihat sangat hidup.

Real 3D
RealD 3D merupakan teater yang dibuat dengan menggunakan layar berwarna perak dan stereoskopik. Untuk kacamata 3D yang digunakan menggunakan teknologi circular polarized yaitu proyeksi gelombang yang berputar, sehingga memungkinkan kepala kita bergerak bebas saat menyaksikan film dalam format 3D. Perbedaan dengan IMAX 3D, teknologi RealD 3D lebih melihat gambar tersebut ke dalam layar, bukan seolah-olah muncul di depan layar.

Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknologi diatas :

Dolby 3D
Cinema XXI
IMAX 3D
Teater IMAX – Cinema XXI
Real 3D
Blitzmegaplex
Kelebihan – Investasi lebih murah (karena menggunakan layar bioskop biasa)
– Lebih tajam karena menggunakan lensa khusus
– Film sangat hidup
– Layar besar
– Lebih dekat dan merasakan sensasi menonton yang berbeda dibanding dengan bioskop konvensional
– Kepala lebih bebas bergerak
– Mata tidak cepat lelah
– Kacamata lebih murah
Kekurangan – Kacamatanya lebih berat karena dipasang chip anti-pencurian karena harganya mahal – Mata cepat lelah
– Akan lebih mudah blur apabila sudut kemiringan kepala tidak horizontal
– Biaya investasi tinggi

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga