sharp_foxconn

Sharp Diambil Alih Foxconn Senilai 83 Triliun Rupiah

Rencana Foxconn mengakuisisi Sharp memang bukan hal sepele. Nilai yang besar, serta arah industri yang bisa berubah membuat pemerintah harus turut campur. Terutama untuk mencegah terjadinya monopoli pasar.

Izin tersebut akhirnya terwujud. Reuters menuliskan bahwa Kementerian Investasi Taiwan setelah melakukan evaluasi terhadap investasi inbound (investasi dari luar negeri) dan outbond (investasi dari dalam negeri) terhadap kedua perusahaan tersebut.

Sharp memang tengah menghadapi krisis keuangan. Media lokal Jepang belakangan menyebutkan bahwa pendapatan perusahaan selama tiga kuartal yang berakhir pada Desember 2015 berkurang sebanyak US$240 juta. Untuk memperbaiki kondisi keuangan Sharp, pendiri Foxconn Terry Gou pun segera melakukan PHK di perusahaan tersebut pada awal bulan ini. Ia juga berjanji bahwa upah karyawannya akan naik dan pembagian keuntungan akan lagi menjadi normal.

foxconn

Menurut sumber yang dekat dengan perusahaan tersebut menyatakan bahwa dewan direksi di perusahaan asal Jepang menerima kesepakatan pengambilalihan dari Foxconn, demikian dilaporkan oleh Tech Radar. Dari sumber itu, untuk bisa mengambil alih Sharp, Foxconn juga diketahui setuju untuk memberikan mahar senilai 700 miliar Yen atau setara Rp 83 triliun. Selain itu, Foxconn juga menjanjikan untuk menjaga merek Jepang bersejarah tersebut dan menghindari PHK besar-besaran. Foxconn berkata kesepakatan itu bernilai US$3,5 miliar dan berarti menguasai 66 persen saham di Sharp.

pendiri_foxconn

Menggambarkan diri sebagai “pemimpin kelas dunia di industri teknologi,” Foxconn dan Sharp berkata mereka bakal membentuk “sebuah sejarah aliansi strategis.”

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga