Steven Chen Mengembangkan Platform Livestreaming Khusus Kuliner

Salah satu pendiri YouTube, Steve Chen tengah mendirikan sebuah media sosial yang dikhususkan untuk kuliner bernama Nom. Media sosial ini dirancang untuk para pecinta kuliner, koki rumahan, koki profesional serta siapa saja yang mempunyai hobi maupun tertarik pada dunia kuliner.

Mantan head of engineering YouTube, Vijay Karunamurthy yang kini menjabat sebagai CEO Nom mengatakan, “kami bekerja dengan kelompok yang luar biasa mulai dari koki, pembuat, dan pencipta untuk membangun situs dan aplikasi yang mampu menjaring audiens. Sekarang setiap tim kreatif bisa membuat pertunjukkan yang menarik. Kami melihat banyak orang menggunakan Nom untuk mencicipi kopi, demo memasak, dan melihat liputan langsung.”

Seperti Twitch TV, pengguna bisa berbagi video secara real-time melalui desktop ataupun perangkat iOS. Video rekaman yang sudah ada, link dan gambar bergerak berformat GIF juga bisa ditampilkan saat mengadakan livestreaming.

Tidak hanya berbasis video, Nom juga mempersilahkan pengguna bisa melakukan posting dengan gambar, link dan teks. Selain itu, untuk berinteraksi dengan penonton, Nom juga menyediakan sebuah tombol dan fasilitas chatting.

Layaknya televisi, Nom memiliki daftar acara (nomcasts) yang akan tayang secara online sesuai jadwal. Jika ketinggalan, pengguna masih diizinkan untuk menonton acara tersebut.

Ke depannya, Nom akan mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa kamera ketika melakukan livestreaming, layaknya Periscope. (CNN Indonesia)