Tips Cara Memilih Web Hosting

Tips Cara Pilih Hosting Web Yang Baik

Tips Cara Pilih Hosting Web Yang Baik – Ada beberapa cara atau hal yang perlu kita perhatikan ketika memilih layanan Web Hosting yang sepintas terpikir cukup mudah. Banyak layanan yang menawarkan fasilitas hampir tidak terbatas baik dari kapasitas penyimpanan hingga bandwidth dengan harga yang bisa dibilang terjangkau atau bahkan sangat murah, kita patut punya rasa curiga atau minimal harus berhati-hati karena bisa jadi hal ini tidak baik bagi situs web kita. Disamping berkaitan mengenai keterbatasan infrastruktur server dan jaringan data center itu sendiri, yang mana sebuah server yang diisi dengan banyak situs ber-traffic tinggi akan mengakibatkan beban server meningkat, akibatnya situs kita dalam server tersebut akan sulit diakses dan bisa jadi sering “down”.

Tidak sedikit pelanggan yang sedang meilih-milih layanan hosting untuk website mereka tinggal hanya dari dua parameter, yang pertama adalah harga dan yang kedua adalah spesifikasi atau fasilitas yang disediakan oleh hosting tersebut. Begitu banyak penyedia hosting memberikan pilihan yang gila-gilaan, yang memang terlihat sangat menggiurkan. Jika kita berkeinginan website kita punya kualitas yang baik terutama dalam hal performa seharusnya kita perlu mempertimbangkan juga berbagai aspek yang lain, perlu diingat bahwa hal terpenting ketika kita punya situs web adalah 100% Website Up dan Mudah Diakses. Dimana-mana kualitas berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

Kalian bingung bagaiman cara pilih hosting dan penyedia hosting yang tepat? Ada ratusan penyedia layanan hosting di Indonesia dengan beragam penawaran mereka, kira-kira mana yang lebih baik untuk website kita tinggal nanti? Melalui tulisan ini akan saya coba berikan tips cara memilih hosting web yang baik seperti apa, silahkan baca sampai akhir ya :mrgreen:

Budget / Modal

Sesuatu yang dipaksakan itu kurang baik, maka ada baiknya jika kita tidak memaksakan diri untuk mencari sebuah layanan hosting dengan harga yang cukup tinggi, saat ini cukup banyak provider hosting yang menyediakan layanannya dengan harga yang terjangkau. Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah “Berapa modal atau budget yang kita punya ?” Dan jangan terlalu memaksakan mengeluarkan budget lebih, namun jika itu memang sangat dibutuhkan akan ada baiknya kita punya dana cadangan untuk menutupi kebutuhan tersebut.

Provider Hosting Yang Baik

Bagaimana cara menentukan provider web hosting yang tepat atau baik untuk website kita nanti? Tidak perlu tegang atau kebingungan, cara paling mudah untuk mengetahui apakah provider hosting tersebut baik dan terpercaya atau tidak adalah dengan cara mencari testimonial atau review dari berbagai sumber mengenai provider tersebut. Bisa kita cari di forum-forum ataupun di website Q/A seperti Yahoo Answer, Quora dan semacamnya.

Fasilitas Hosting

Pemilihan fasilitas hosting merupakan faktor penting, karena apa artinya kita berlangganan hosting kalau tidak dapat menjalankan website yang kita bangun? Fasilitas umum yang kita butuhkan seperti PHP, MySQL, Perl, dengan versi yang cukup baru dan berikut library pendukungnya. Selain fasilitas web server, database dan programming language, fitur antivirus dan antispam di server SMTP, tersedia akses mailbox melalui webmail, POP3, forwarding, dan IMAP4 juga perlu diperhatikan. Untuk manajemen file di server, setidaknya harus menyediakan beberapa metode yaitu dengan cPanel, FTP dan Shell (SSH).

Customer Support

Nah, yang ini menurutku tidak kalah pentingnya selain beberapa faktor yang sudah dijelaskan. Kenapa ini sangat penting? Coba bayangkan ketika ada sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi pada web hosting dan website kita, kemana atau kepada siapa kita akan minta bantuan atau minimal melapor? Tentunya Customer Support dari provider hosting tersebut bukan?!
Menurutku, pelanggan (seperti aku sendiri yang punya situs utama Kreasi Garuda Software House Surabaya) akan lebih memilih untuk mendapatkan pelayanan after-sales yang baik dibandingkan hanya mendapatkan spesifikasi hosting tinggi namun pelayanan after-sales buruk. Maka sebaiknya perlu kita cari tahu juga tentang pelayanan customer support dari provider hosting yang akan kita pilih.

Layanan Back Up

Layanan Back-Up otomatis akan diperlukan juga guna kenyamanan kita juga jika suatu saat server hosting kita dapat serangan dari pihak luar yang tidak bertanggungjawab yang berakibat buruk bagi server hosting dan website kita. Setidaknya masih ada cadangan data dari situs web yang kita cintai.

Keamanan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting web yang baik adalah keamanan dari server hosting yang disediakan oleh provider tersebut. Maka ketika kita melakukan penelusuran mengenai review dan testimonial pelanggan dari suatu provider web hosting ada baiknya untuk mencari info selengkap mungkin paling tidak sesuai dengan poin-poin yang sudah disebutkan disini.

:mrgreen:
Nah, semoga dengan ini kebingungan untuk pilih hosting web yang baik seperti apa sudah berkurang, semoga artikel ini bermanfaat.

Published by

rendra

Sesuatu yang berharga